Resep Capcay Sederhana Goreng Seafood

Anda tentu tahu panganan yang bernama capcay. Masakan ini sangat pas dijadikan sebagai menu hidangan yang nikmat bagi family Anda. Sebab, selain rasanya yang ekslusif, cap cay juga kaya akan kandungan nutrisi didalamnya. Kandungan nutrisi tersebut tentu saja sangat berguna bagi kebugaran tubuh.

Selain itu, cap cay juga bisa dimasak menjadi beberapa jenis hidangan makanan keseharian terutama dibuat menjadi sop kuah yang gurih. Dengan dilengkapi beberapa rempah-rempah yang menyehatkan, kuliner ini pasti akan meningkatkan gairah makan Anda kembali tergugah. Baik dengan cara dioseng maupun dengan cara diberi kuah, cap cay dua-duanya sama enaknya.

Cap cai, capcai atau cap cai adalah salah satu menu masakan yang bersumber dari adat warga Tionghoa. Kata capcay sendiri berarti 10 sayur, akan tetapi
meskipun demikian tidak berarti kita harus menggunakan 10 jenis sayuran saat memasak capcay. Konkritnya, capcay dapat diartikan sebagai masakan yang menggunakan banyak varian sayuran sebagai bahan utamanya.

Cap cai yang akan kita buat kali ini ialah jenis cap cai sederhana. Sebetulnya, resep menu cap cay sederhana tidak jauh berbeda dengan cap cai jenis lainnya karena sama-sama menggunakan banyak sayuran, dan yang membedakan hanyalah cara pembuatannya. Sesuai namanya, proses membuat berbagai varian sayuran ini dapat dimasak menggunakan kuah atau dapat juga ditumis dengan air secukupnya.

Saat memasak capcay, lagi-lagi tidak ada resep yang pasti & tidak harus menambahkan 10 varian sayuran. Seperti biasanya, bahan-bahan capcay sederhana antara lain adalah: kembang kol, buncis, sawi hijau, cai sim, kapri, jamur kuping, jagung muda dan lain-lain. Resep cap cai sederhana tidak mengharuskan jumlah atau jenis sayuran, semua kembali pada selera dan ketersediaan bahan.

Resep Capcay Sederhana Goreng Seafood
Di saat memasak capcay, yang sepatutnya kita perhatikan ialah tekstur sayuran supaya tidak terlalu layu. Jika terlalu lembek, maka nilai vitamin yang ada didalamnya akan minim dan warna capcay juga menjadi kurang cantik. Masaklah beberapa saat tetapi jangan sampai terlalu sebentar dan terlalu masak. Dan sebelum memasak, pastikan sayuran telah dicuci bersih demi menjaga kesegarannya.

Baca juga  Langkah Mudah Memulai Bisnis Roti Unyil
Bahan-bahan Pokok Resep Capcay
1. 5 potong jagung muda.
2. 5 bh kembang kol, tiris menjadi dua
3. 5 bh brokoli, belah dua
4. 5 batang buncis, iris serong dengan pisau
5. 1 btg wortel, iris tipis-tipis
6. 6 buah jamur kancing, kemudian belah menjadi dua
7. 6 butir bakso sapi, iris
8. 6 ekor udang kupas
9. 10 buah kapri muda segar, iris mengarah serong
10. 1 bh caisim, potong sedang
11. 1 bh sawi, iris sedang

Bumbu – bumbu
1. 4 suing bawang merah bagus, cincang halus
2. 2 suing bawang putih, cincang halus
3. 1 bh bawang bombay, potong dadu
4. 1 btg daun bawang segar, potong pendek-pendek
5. 1 bh tomat segar, potong dadu
6. 2 centimeter jahe asli, lalu tumbuk
7. 1 sendok teh garam
8. 1 sdt gula pasir manis
9. 1/2 sdt merica jenis bubuk
10. 2 sdm saus tiram
11. 1 sendok makan kecap manis
12. 1 sdm tepung maizena
13. 50 milliliter bumbu penyedap ayam cair

Cara Memasak Capcay Sederhana
1. Siapkan semua bahan dan pastikan telah dibilas bersih sebelumnya, sediakan bumbu-bumbu, larutkan tepung maizena dalam kaldu ayam cair, kemudian.
2. Panaskan bawang merah, semua bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
3. Tambahkan tomat, jahe tumbukan dan daun bawang, masak beberapa menit sampai daun bawang agak menyusut.
4. Tambahkan semua bahan, lalu panaskan beberapa menit.
5. Tambahkan garam, gula pasir alami, bubuk merica, saus tiram dan kecap hitam. aduk sampai rata.
6. Langkah terakhir, masukkan larutan sagu maizena dan bumbu kaldu ayam berbentuk cair, masak hingga air masak dan kaldu mengental.
7. Angkatlah dan sajikan hangat.

Tips memasak capcay goreng maupun capcay kuah memang bisa disesuaikan. Anda bisa memasukkan berbagai pilihan sayuran kedalamnya sehingga kaya akan nilai gizi yang baik untuk badan terutama anak kecil yang sedang dalam masa perkembangan. Proses memasak cap cai sederhana juga sangat mudah, maka dari itu masakan yang satu ini sering kali menjadi favorit para ibu-ibu muda. Nikmat, simple dan praktis. Selamat mencoba!

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-capcay-goreng-seafood/

Peluang Usaha Es Krim Jamur yang Menguntungkan


Kimia Es Krim
Es krim berusul dari bahasa inggris yakni ice cream. Kata “ice cream” sendiri memiliki asal, yaitu iced cream. Kalau diperhatikan, maka iced cream bermakna krim yang dibekukan. Memang pada umumnya bahan baku utama es krim ialah susu. Lalu susu krim ini kombinasikan buah-buahan atau perisa lainnya. Di samping itu es krim juga ditambahkan pemanis seperti sirup jagung, sukrosa, dan beberapa macam pemanis lainnya.

Sejarah Es Krim
Sebelum kita melihat es krim yang seperti saat ini, manusia telah memakan es krim sejak zaman pra sejarah. Tapi es krim yang dimakan bukanlah es krim seperti sekarang, akan tetapi salju yang dicampurkan dengan bermacam-macam bahan makanan lainnya. Semisal pada abad ke-5 sebelum masehi, Hippocrates menyarankan pasiennya agar mengkonsumsi salju yang dikombinasikan dengan madu dan buah. Di daerah lain, yakni Cina, campuran antara susu dan nasi beku digunakan pada abad 200 sebelum masehi.

Perjalanan es krim sehingga menjadi es krim yang seperti kita makan sekarang terjadi dari abad ke-16 sampai 19. Lalu es krim menjadi populer di seluruh dunia terjadi pada abad ke-20-an. Yaitu ketika kulkas jadi hal yang biasa. Pada waktu itu berlangsung ledakan warung es krim dengan bermacam-macam jenis dan rasa. Salah satunya yakni Baskin-Robbins, yang tetap ada hingga saat ini. Bisnis tersebut membuat 31 variasi es krim. Sekarang, mereka memiliki kurang lebih seribu variasi.

Es Krim Zaman Ini
Salah satu inovasi penting dalam es krim pada abad ke-20 ialah diciptakannya soft-served ice cream. Soft-served ice cream adalah es krim yang mempunyai lebih banyak udara. Sehingga es krim ini lebih lembut bila dibandingkan es krim biasa. Es krim ini jadi pilihan lain di samping es krim keras.

Baca juga  Bisnis Menguntungkan Franchise Bakso Kepala Sapi
Sebelum perkembangan kulkas modern, es krim lumayan susah didapatkan dan langka. Ini disebabkan es krim biasanya hanya bisa didapatkan ketika musim salju atau di tempat yang benar-benar dingin.

Pada abad ke-19 dan awal abad ke-20 pembuatan es krim dilakukan dengan freezer-freezer khusus es krim. Saat ini pengerjaan es telah memakai mesin. Mesin es krim biasanya dibagi jadi dua jenis, yakni yang dipakai untuk membuat hard-served ice cream dan yang bertujuan membuat soft-served ice cream. Salah satu mesin itu dapat diperoleh di Ramesia Mesin.

Peluang Usaha Es Krim Jamur
Tak hanya produknya saja yang nikmat. Peluang usaha es krim jamur pun juga cukup lezat.

Mirza Akbar mendirikan Yogya Ice Cream tanggal April 2008. Pada saat itu ia masih berumur dua puluh tahun dan adalah mahasiswa semester empat. Waktu membangunnya Mirza mendapatkan modal 40,7 juta dari orang tuanya. Modal tersebut ia dapatkan dengan syarat ia tak menerima uang saku bulanan lagi setelah. Akhirnya dia membangun usaha es krim dengan menggunakan tenda dengan ongkos sewa 300.000 rupiah per tahun.

Saat ini Yogya Ice Cream mempunyai tak kurang 120 freezer yang tersebar di pelbagai resto di Kota Yogyakarta. Berkat itu Yogya Ice Cream mencatatkan omset 300 juta rupiah per bulan bahkan bisa lebih.

No comments:

Post a Comment

Cara Membuat Capcay Bihun dengan Mudah

Cap cay yang akan kita bahas kali ini merupakan jenis cap cai sederhana. Sebetulnya, resep menu cap cay sederhana tidak jauh berbeda dengan ...