Analisa Kesempatan dan Peluang Membuka Usaha Bumbu Dapur Dasar

Kesempatan Usaha Bumbu Dapur Racik
Lalu bagaimana supaya bisa memulai peluang bisnis ini? Walaupun sebenarnya saya pun tidak begitu jago mengenai masak-memasak. Walaupun demikian apabila Anda sangat ingin menjalankan peluang usaha tersebut, Anda mesti menjalankan rencana bisnis yang tepat.

Jika Anda tidak bisa memasak, Anda bisa merekrut SDM yang sekiranya bisa membuat minimal tujuh sampai sepuluh macam bumbu masakan yang sering dikonsumsi orang-orang, atau bahkan yang jarang di konsumsi masyarakat sekitar Anda, seperti misalnya masakan khas daerah tertentu. Tapi jika Anda dapat memasak sendiri bumbu tadi, maka itu lebih baik, tinggal mencoba dan mencoba lagi saja

Apabila Anda telah memiliki orang untuk memasak atau Anda juga bisa menciptakan sendiri bumbu dapur racikan tadi, maka kesempatan usaha ini tinggal melangkah ke strategi pemasarannya. Pemasaran terbaik adalah dengan menggunakan orang-orang di dekat Anda dahulu sebagai percobaan produk bumbu dapur racikan Anda sebelum Anda jual pada pasar yang sesungguhnya, teliti bagaimana reaksi mereka terhadap bumbu dapur racikan Anda. Jika dirasa lumayan bagus respon yang di berikan, maka Anda dapat mencoba memasarkannya kepada orang luar. Umumnya ada beberapa cara pemasaran usaha bumbu dapur tersebut yang bisa Anda lakukan, berikut diantaranya:

1. Menjual Produk di Pasar Tradisional Tempat Kita Tinggal.
Kesempatan usaha UKM tersebut dapat kita jual di daerah pasar traditional di kawasan Anda, modal yang di keluarkan untuk menyewa tempat relatif lebih sedikit. Anda tidak perlu mengontrak sebuah kios, cukup dengan sebuah meja atau berbagai peralatan sederhana karena bumbu telah Anda buat dari awal. Target pasar Anda lumayan banyak karena umumnya orang pergi ke pasar bertujuan untuk membeli bahan untuk memasak, meski begitu kualitas dan harga yang Anda tawarkan mesti dapat bersaing.

Baca juga  Bisnis Waralaba Donat Kentang Ini Layak Dicoba
2. Menjual Produk di Sekitaran Toko Swalayan.
Di depan Minimarket seperti indomaret atau alfamart dan semacam nya. kesempatan usaha seperti ini agaknya pantas juga di jajakan di depan minimarket, melihat masyarakat Indonesia telah banyak yang belanja kebutuhan sehari-hari mereka di sana. karenanya bisa di katakan pantas apabila Anda menggunakan kesempatan usaha bumbu dapur di lokasi seperti ini.

3. Menjual Produk di Pasar Modern dengan Mendirikan Stand Khusus.
Di depan hypermarker atau seupermarket yang berada di pusat perbelanjaan atau mall. Biasanya dari Mall menyiapkan beberapa tempat kecil di dekat supermarket, Anda juga bisa tanyakan kepada pengelola hypermarket tersebut. Dana yang di keluarkan akan cukup besar untuk mengontrak sebuah stand, namun Anda bisa menyiasatinya dengan menaikan harga jual bumbu dapur buatan Anda.

4. Menjual Produk di Kawasan Pemukiman.
Kuasai pasar sebuah kawasan seperti daerah perumahan di dekat Anda. Gunakan brosur sebagai sarana promosi, Anda cukup mengantarkan apabila terdapat orang yang memesan.

5. Menjual Produk Secara Online.
Pemasaran dengan cara online bisa dengan membuat blog atau sosmed. Sarat utama untuk jual secara online adalah Anda mesti bisa mengakali daya tahan barang Anda agar bisa bertahan pada jangka waktu yang lama karena proses pengiriman membutuhkan waktu.

Sumber : https://ramesia.com/usaha-bumbu-dasar/

Bisnis Giling Daging yang Tentunya Sangat Menjanjikan


Arti Bisnis
Bisnis yaitu lembaga yang menjual barang atau jasa kepada pembeli ataupun konsumen untuk mendapatkan laba. Ada tiga perkara penting dalam berbisnis yaitu: memproduksi barang dan jasa, mencari laba serta memaksimalkan kebutuhan konsumen.

Di dalam panggung perekonomian, bisnis mempunyai karakteristik yakni sebagai berikut:

1. Mempunyai organisasi sosial serta ekonomi.
2. Berhubungan dengan beragam barang dan jasa yang memenuhi keperluan manusia.
3. Mencari profit
4. Menentukan harga yang pas.
5. Akan ada peluang menghadapi kerugian.

Ada sebagian ahli yang mengemukakan opininya tentang bisnis, diantaranya adalah:

Musselman dan Hooper
Bisnis ialah segala dari kegiatan yang diorganisir oleh orang yang tidak berurusan di dalam bidang industri dan perdagangan yang menyuplai barang atau jasa agar terpenuhi suatu kebutuhan dalam perbaikan kualitas hidup.

Owen
Bisnis yaitu suatu perusahaan yang berhubungan dengan distribusi dan produksi barang-barang yang nantinya dijual ke pasaran ataupun memberikan harga yang sesuai pada setiap jasanya.

Hunt dan Urwick
Bisnis ialah suatu bentuk dari aktifitas yang terutama bertujuan dalam memperoleh laba bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan di dalam terjadinya kegiatan tersebut.

Dari keempat para ahli pakar bisnis diatas dapat disimpulkan bahwa defenisi bisnis adalah segala aktifitas atau bentuk aktifitas perdagangan barang atau jasa yang bertujuan untuk mencari atau meraih keuntungan kepada pihak yang berusaha secara terus menerus masih memberikan laba.

Oke, Selanjutnya setelah memahami pengertian bisnis, potensi dan peluang bisnis, maka sudah saatnya untuk membahas konsep bisnis yang mempunyai prospek yang bagus.

Pada dasarnya ada banyak sekali ide-ide bisnis yang memiliki prospek cerah bila dilakukan di Indonesia, apalagi bisnis daging giling.

Jika kita melihat pasar di Indonesia, tentu ada banyak sekali peluang usaha daging yang bisa dijalankan oleh calon pebisnis yang menyukai bisnis daging. Masyarakat Indonesia terkenal konsumtif dibandingkan negara-negara lain, termasuk dalam hal makanan daging giling.

Dan Indonesia terkenal dengan berbagai jenis olahan daging yang beragam dari penjuru daerah, mulai dari daging kelinci hingga daging sapi.

Baca juga  Cara Membuat Etalase Mini untuk Roti yang Murah dan Aman
Perlu dimengerti peluang bisnis daging giling sangat menjanjikan. Hal ini dapat kita pahami dari orderan market yang senantiasa meningkat per perdua tahun. Terlebih pada hari-hari cuti maupun hari raya.

Oleh karenanya sangat disayangkan jikalau kita tidak meraih potensi yang sangat besar ini. Apabila kita tidak memiliki uang yang besar, cukup sebagai dropshipper saja. Kita bisa ambil daging dari pengusaha atau pemilik daging. Segala daya dan upaya bisa dioptimalkan jika kita ingin untuk bersabar dan tidak pantang menyerah.

Kiat-kiat memulai bisnis daging giling adalah sebagai berikut:

1. Memahami Target Market
Target market terbagi dua diantaranya :

a. Konsumen Langsung
Konsumen langsung adalah para pembeli daging yang peruntukannya memang untuk keperluan diri sendiri atau lebih jelasnya daging giling tersebut dijual kembali ke pembeli yang pertama.

Tipe konsumen langsung dalam bisnis daging antara lain: orang yang ingin aqiqah, orang yang hendak berkurban dan orang yang hendak melakukan kenduri maupun pesta acara tertentu.

b. Konsumen Pedagang
Konsumen pedagang dalam bisnis daging yaitu orang yang membeli olahan daging di tempat Anda yang untuk dijual lagi. Baik dalam bentuk daging utuh maupun sebagai sajian masakan.

2. Menentukan Kualitas dan Daya Saing Harga
Dalam bisnis apapun, baik barang maupun jasa. Faktor kualitas yang optimal serta harga yang bersaing adalah ketentuan yang tidak bisa diganggu gugat. Agar bisnis yang Anda ikuti dapat berumur panjang dan terus diterima oleh pasar.

3. Lokasi Usaha
Pilihlah tempat bisnis yang banyak dikunjungi atau tempat yang dilalui banyak orang. Ketika menentukan tempat usaha juga harus untuk memperkirakan modal yang nantinya akan dikeluarkan.



No comments:

Post a Comment

Cara Membuat Capcay Bihun dengan Mudah

Cap cay yang akan kita bahas kali ini merupakan jenis cap cai sederhana. Sebetulnya, resep menu cap cay sederhana tidak jauh berbeda dengan ...